...SELAMAT BERGABUNG DI BLOG PRIBADI SAYA...

Rabu, 01 Desember 2010

KONSEP DIRI

Konsep diri adalah suatu gambaran campuran dari apa yang kita pikirkan orang-orang lain berpendapat, mengenai diri kita, dan seperti apa diri kita yang kita inginkan. Konsep diri adalah pandangan individu mengenai siapa diri individu, dan itu bisa diperoleh lewat informasi yang diberikan lewat informasi yang diberikan orang lain pada diri individu

Dalam memandang hidup terkadang saya lebih menggunakan intuisi daripada logika. Tapi bukan berarti saya tidak menggunakan logika di setiap kali memandang banyak hal yang terjadi dalam hidup ini. Saya sering belajar kehidupan dari bercermin kepada kehidupan orang lain, dan itu saya jadikan tolak ukur kepada diri saya sendiri. Terkadang saya selalu tidak puas atas apa yang Tuhan berikan kepada saya, sehingga saya hanya butuh waktu untuk diingatkan oleh orang-orang sekitar bahwa kehidupan saya ternyata jauh lebih beruntung daripada orang lain. Keluarga yang lengkap dan menyayangi saya, orang tua yang begitu cinta kepada saya, kakak dan adik yang selalu memberi kebahagiaan dalam hidup, teman-teman yang begitu peduli, pendidikan yang bisa saya jalani samapi bangku kuliah, lingkungan yang begitu solid, sampai kehidupan yang serba berkecukupan.
Memang manusia selalu menginginkan hal yang lebih dari apa yang telah ia peroleh selama ini. Namun dari hal itu saya selalu belajar, bahwa jauh lebih bahagia hidup ini ketika kita mampu mensyukuri apa yang telah ada dari pada berobsesi untuk mendapatkan apa yang belum kita dapatkan, karena terlalu mengharapkan sesuatu akan mengantarkan kita pada kekecewaan.
Saya termasuk orang yang memiliki sifat yang keras dalam kemauan, loyal, mudah emosi, dan mudah berempati keada orang lain. Namun ada juga teman-teman yang mengatakan bahwa saya orang egois, setia kawan, tidak sombong, humoris, dan penolong. Semua masukan dan kritik yang disampaikan teman-teman kepada saya, betul-betul saya jadikan cermin dan sistem perubahan terhadap diri saya. Sehingga sifat-sifat buruk yang ada dalam diri saya bisa saya netralisir dengan segala bentuk kebaikan yang saya punya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar